-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00)

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
Program Yess
Pelayanan Publik
PPID SMKPPN Banjarbaru
Layanan & Perizinan
Dokumentasi & Informasi HukumPerpustakaan KementanPengaduan Bagi MasyarakatLayanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanPerizinan KementanSimpellPenelusuran‚Ä© Alumni
Agenda
04 December 2023
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

PETANI MILENIAL, BELAJAR SMART AGRIBISNIS KEWIRAUSAHAAN

Tanggal : 11/07/2023, 10:36:56, dibaca 82 kali.

BANJARBARU, - Kementerian Pertanian bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) akan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS).


Melalui program YESS akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.


"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.


Selain itu Kementerian Pertanian (Kementan) terus mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), yang dijalankan pada 4 provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.


SMK PP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu pelaksana Program Yess atau Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan kembali menggelar Bimbingan Tenis atau Advance Training for Start Up Young Entrepreneur dalam Program Yess di Kalimantan Selatan.


Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru selama 4 hari sejak Jumat, (3/11/2023) sampai Senin, (6/11/2023). Adapun tema yang di ambil “Pelatihan Smart Agribisnis Kewirausahaan Bagi Petani Milenial”.


Pelatihan yang diikuti oleh 25 orang Penerima Manfaat Program Yess di Kalimantan Selatan, merupakan petani pemula dari 3 Kabupaten wilayah Program Yess di Kalsel, yaitu 10 orang dari Kabupaten Banjar, 5 orang dari Kabupaten Tanah Bumbu, dan 10 orang dari Kabupaten Tanah Laut


Di kesempatan ini Wakil Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, yang juga deputi bidang teknis PPIU Kalsel, mewakili Kepala Sekolah menyampaikan bahwa pelatihan ini menjadi tambahan pengetahuan tentang hal-hal yang menjadi kendala-kendala dalam merintis usaha bidang pertanian.


“Jangan takut menerima tambahan pengetahuan dan wawasan kita, dan kedepan pertanian kita menjadi maju, serta Bapak-Ibu menjadi sukses. Kedepannya Bapak-Ibu diharapkan menjadi petani yang bisa memenuhi kebutuhan lokal atau bahkan nasional, dan jangan kalah dari negara lain”, Ujarnya.


Peserta sendiri mendapatkan berbagai materi dari narasumber diantaranya praktisi ataupun widyasiwara. Peserta pelatihan Abdul Halim dari Kabupaten Banjar pun merasa bangga menjadi penerima manfaat Program Yess, dengan mengikuti pelatihan dari Kementan ini


Adapun materi yang di dapat berupa Smart Agribisnis dan Pertanian Modern, Teknologi Pertanian Modern dan Perangkat Luna Pertanian, Kewirausahaan Dalam Agribisnis, Kebijakan Pengembangan Smart Agribisnis Kewirausahaan Bagi Petani Milenial, Pemasaran dan Penjualan,


Kemudian Presentasi dan Komunikasi Bisnis, Pengelolaan Permodalan Usaha dan Penggunaan Teknologi Untuk Pengelolaan Keuangan, Investasi dan Pengembangan Bisnis dan terakhir Rencana Tindak Lanjut.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas