-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00) -- PPDB 2024: Jalur Undangan dibuka 1 Maret 2024 - Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Akademik (PMPA) dan Jalur Umum dibuka 2 Mei 2024 -

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
Program Yess
Pelayanan Publik
PPID SMKPPN Banjarbaru
Layanan & Perizinan
Dokumentasi & Informasi HukumPerpustakaan KementanPengaduan Bagi MasyarakatLayanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanPerizinan KementanSimpellPenelusuran‚Ä© Alumni
Agenda
15 April 2024
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

PETANI MUDA KALSEL SELESAIKAN PELATIHAN BAHASA ASING BATCH II

Tanggal : 02/28/2024, 06:54:04, dibaca 124 kali.

BANJARBARU - Kementerian Pertanian optimis mencetak pemuda petani yang kompeten melalui pemagangan luar negeri. Kegiatan magang luar negeri bertujuan untuk memperdalam dan memperkuat keterampilan serta kompetensi petani muda melalui pengalaman bekerja dan belajar di keluarga petani saat ini ke perusahaan pertanian.

Kegiatan permagangan merupakan salah satu program unggulan dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). Program YESS secara komprehensif mempersiapkan peserta untuk mengikuti kegiatan magang luar negeri, dimana salah satu negara tujuannya adalah Taiwan.

Berbagai tahapan dilalui untuk menyiapkan peserta pemagangan yang adaptif dan unggul diantaranya pelatihan bahasa dan pemahaman budaya negara Taiwan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa peserta pemagangan merupakan semua duta bangsa Indonesia yang mendapatkan tugas dan kehormatan untuk melaksanakan magang di negara Taiwan.

Atas nama bangsa Indonesia, mereka melaksanakan tugas negara yang sangat mulia magang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi vokasi pertanian yang nanti dibawa ke negara Indonesia untuk dipraktikkan.

SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan dalam Program YESS, telah selesai menggelar pelatihan bahasa pra keberangkatan magang luar negeri ke taiwan (Pre-departure Training Overseas apprenticeship) yang kedua atau Batch 2, Dimulai sejak 3 minggu lamanya, dan berakhir Rabu, (21/02/2024).

Terdapat 20 Calon Peserta Pelatihan bahasa pra Magang Taiwan batch II ini telah menyelesaikan berbagai materi selama 3 minggu ini. Hal ini sebagai upaya dalam persiapan peserta dalam pra keberangkatan magang luar negeri ke Taiwan.

Selesainya tahap persiapan magang luar negeri ke Taiwan Batch 2 ini ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan bahasa, pelatihan fisik, dan latihan kedisiplinan.

Dalam acara penutupan yang berlangsung di SMKPP-N Banjarbaru, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Airin Nurmarita, mewakili Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada seluruh peserta.

"Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh setiap peserta selama tahap persiapan ini. Kami yakin, dengan bekal yang telah diterima, mereka akan menjadi duta Indonesia di Taiwan yang menunjukkan prestasi dan sikap terbaik," ujar Airin Nurmarita.

Lebih lanjut, Airin Nurmarita juga menegaskan komitmen sekolah untuk terus mendukung dan mendorong peserta dalam mengikuti program magang di luar negeri.

“Harapannya, pengalaman ini tidak hanya menjadi peluang untuk mengembangkan keterampilan praktis, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun citra positif Indonesia di mata dunia”, Pungkas Airin.

Di kesempatan terpisah Kepala SMKPP-N Banjarbaru, Budi Santoso memberikan dukungan penuh kepada peserta untuk melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu pelaksanaan magang di Taiwan. Semoga setiap langkah yang diambil oleh peserta dapat membawa prestasi gemilang dan menciptakan hubungan baik antara Indonesia dan Taiwan.

Batch 2 ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan. Keberagaman peserta dari berbagai daerah ini diharapkan dapat menjadi tambahan nilai dalam memperkaya pengalaman mereka selama magang nantinya.

Di kegiatan ini sendiri materi yang diberikan selama persiapan magang mencakup berbagai aspek, termasuk pelafalan dan intonasi nada, perkenalan diri, kata penanya umum, angka dan waktu, hingga topik seperti keluarga, warna dan bentuk, musim dan cuaca, menelpon, perbandingan kata sifat, makanan dan minuman, arah dan lokasi, tempat tinggal, hingga aspek budaya Taiwan dan etos kerja. Selain itu, para peserta juga menjalani latihan fisik mental disiplin setiap hari sebagai bagian dari persiapan mereka.

Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas