- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 / 1442H -- Selamat Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 – 2021) -- Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni 2021) -- -

KWT, BENTUK PEMBANGUNAN PERTANIAN DI LEVEL KELUARGA

Tanggal : 03/11/2020, 06:45:37, dibaca 558 kali.

Lampung Tengah, – SMK-PPN Banjarbaru berkesempatan mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Pertani yang ada di dusun 2 kampung Liman Benawi, Trimurjo, Lampung Tengah bersama tim pewarta lainnya dalam kegiatan Kunjungan Pers yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian di Lampung, Jum’at (6/3) lalu.


“KWT ini wanita desa yang hebat, bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Mau bayar uang sekolah anak, mau kirim biaya kost anak, tidak tergantung.” Ujar ketua forum komunikasi KWT Lampung Tengah, Ellya Lusiana Loekman dalam paparannya.


Selain bertani, para anggota KWT ini juga mampu menciptakan pasar sendiri. Pasar ini dinamakan Pasar KWT, yang tentu saja bertujuan untuk memasarkan produk tani yang dihasilkan. Sampai saat ini terhitung sudah ada lima pasar KWT yang tersebar di lima kecamatan. Yaitu Punggur, Seputih Raman, Seputih Banyak, Bangunrejo dan Rumbia.


Selain itu, Sekretaris BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si berpendapat bahwa KWT ini merupakan salah satu bentuk kelompok yang harus dibina oleh kementerian pertanian, karena KWT ini adalah kelompok yg punya energi besar untuk terus dikembangkan sebagai betuk pembangunan pertanian di level keluarga.


“KWT ini harus terus kita support. Salah satu nya dengan pembentukan forum komunikasi yang diketuai oleh ibu Bupati sebagai ketua penggerak PKK sekaligus sebagai pembina kelompok wani tani.” ujarnya


Siti juga sangat mengapresiasi kelompok wanita tani ini. “Ini karya yang luar biasa. Lingkungan bersih, tertata, menjadi kampung wisata di Liman Benawi, sekaligus ibu-ibunya terlihat sehat,  Saya sanggat bangga sekali.” Ucapnya.


Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, selain mengunjungi KWT yang ada di Kampung Liman Menawi, tim juga melakukan kunjungan pers ke beberapa lokasi lainnya yaitu Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Seputih Raman, Perkumpulan Kelompok Tani GAPSERA Lampung Tengah, dan Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Lampung. (tm/timhumas)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas