- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 / 1442H -- Selamat Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 – 2021) -- Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni 2021) -- -

PARTISIPASI BPP KARANG INTAN DI OPEN DAY

Tanggal : 06/02/2021, 07:49:14, dibaca 37 kali.

Banjarbaru, - SMK-PP Negeri Banjarbaru, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan telah menggelar pameran pertanian bertajuk Open Day sebanyak 2 kali di bulan Mei 2021 ini.


Pameran kedua ini menampilkan berbagai hasil pertanian, teknologi, budidaya baik hasil dari kelompok PWMP, KWT, BPP Kostratani serta Desa Mitra SMK-PP N Banjarbaru.


Salah satu peserta yang ikut adalah dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Model Kostratani dari Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. BPP Karang Intan ini adalah salah satu BPP yang terpilih oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjadi model BPP Kostratani.


Dari 2 kali open day yang digelar di Lahan Praktek SMK-PP N Banjarbaru ini, BPP Krang Intan selalu ikut serta dalam kegiatan pameran pertanian ini, dimana mereka menampilkan berbagai produk hasil sendiri dan binaannya.


Seperti dijelaskan Laena jullah, Supervisor BPP Karang Intan, “Hari ini kami mengikuti pameran pertanian di SMK-PP Negeri Banjarbaru, disini kami memperkenalkan produk-produk kami dari KWT, ataupun Kelompok Tani binaan kami”, Ujarnya.


Lanjut Latifah, PP Programer BPP Karang Intan, “Kami sebagai BPP Kostratani yang merupakan binaan SMK-PP N Banjarbaru kali ini membawa beberapa produk diantara tanaman, buah-buahan, sayuran, telur asin, roti, keripik singkong, penghilang bau ramah lingkungan, air mawar, dan masih banyak lagi”, Jelasnya.


Selain itu BPP Karang Intan ini juga ikut serta juga dalam Program Yess, dimana pemuda di wilayahnya begitu antusias, “Semangat petani milenial tempat kami tinggi, dilihat dari KTP dan data yang kami terima khususnya keikutsertaan dalam Program Yess, malah saking minatnya sampai bertanya kapan akan dilaksanakan”, Tambah Laena jullah.


Open Day seperti dijelaskan oleh Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso merupakan kegiatan untuk menarik masyarakat sekitar untuk berminat di bidang pertanian, terlebih menarik minat generasi mudanya.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan penguatan Kostratani terus dilakukan karena Kostratani mengawal implementasikan program-program utama Kementan.


“Kementan memiliki sejumlah program utama untuk memajukan pertanian. Dan program-program itu dikawal oleh Kostratani. Oleh karena itu, kita ingin Kostratani bisa menjalankan fungsi sebagai pusat data dan informasi, juga pusat pengembangan pertanian, termasuk pusat belajar,” katanya.


Menurut Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, transformasi BPP menjadi BPP Kostratani akan dilakukan bertahap hingga tahun 2021. “Makanya kalau ada BPP yang perlu direnovasi, atau bahkan belum punya kantor, harus segera diajukan. Karena tahun 2021, kita targetkan transformasi BPP menjadi Kostratani ini bisa selesai seluruhnya,” tuturnya.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas