- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 15.00) -- SELAMAT HUT REPUBLIK INDONESIA KE-76 (17 Agustus 1945 -2021) -- Selamat Hari Aksara Internasional (8 September 2021) -- Selamat Hari Olahraga Nasional (9 September 2021) --

TINGKATKAN PELAKSANAAN MAGANG PETANI, SEKOLAH KUNJUNGI MALANG

Tanggal : 09/06/2021, 15:34:07, dibaca 61 kali.

Malang, - SMK-PP N Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) terus berupaya meningkatkan kapasitas dalam pelaksanaan Program Yess di Kalsel.

YESS adalah program Kementan, bekerjasama dengan IFAD, yang bertujuan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian.  Ada 4 provinsi yang menjadi lokasi dari program YESS, yakni Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu), Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air. Karenanya Mentan menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian.

"Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang juga penanggung jawab YESS, menyatakan program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

“Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tutur Dedi.

Salah satu upaya mendukung dan koordinasi dalam pelaksanaan Program Yess di Kalimantan Selatan, PPIU Kalsel melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa tempat yang juga menjadi wilayah pelaksanaan Program Yess diantaranya di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Kali ini tim PPIU Kalsel sebanyak 7 orang melakukan kunjungan ke Malang, Jawa Timur, terhitung sejak Rabu, (1/9/2021), selama 4 hari. Terdapat 3 tempat yang kali ini dikunjungi, diantaranya Polbangtan Malang (Selaku PPIU Jawa Timur), ke BLK Wonojati, Malang, dan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Batu.

Dijelaskan salah satu tim PPIU Kalsel, Sudjatmiko menjelaskan, “Kegiatan ini dalam rangka sharing program yang akan/telah dilaksanakan masing-masing PPIU Kalsel dan PPIU Jawa Timur, dan sharing informasi persyaratan untuk uji Sertifikasi dan tempat pemagangan peserta Program YESS”, Ujar Konsultan TVet PPIU Kalsel ini.

Seperti dijelaskan di atas kegiatan ke Polbangtan Malang kali ini berupa koordinasi terutama tentang pelaksanaan pemagangan, PWMP, hibah kompetitif, pemberdayaan mobilizer, pelaksanaan Job Fair, Tefa dan Diseminasi program Yess.

Untuk di BLK Winojati, tim PPIU Kalsel melakukan koordinasi terkait tatacara pelaksanaan sertifikasi peserta program permagangan YESS. Serta mencari informasi terkait pelaksanaan Mou pemagangan dan sertifikasi peserta magang.

Sedangkan di Balitjestro, Batu untuk mengetahui tatacara, materi serta kerjasama pemagangan yang ada di Balitjestro. Selain itu juga menyamakan persepsi terkait pemagangan dalam Program Yess, khususnya bagi Calon Penerima Manfaat (CPM) Program Yess. Sebab Balitjestro juga menjadi rekomendasi calon lokasi magang Yess.

Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas