- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 15.00) -- Selamat Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober 2021) -- Selamat Hari Batik Nasional (2 Oktober 2021) -- Selamat Hari Tentara Nasional (5 Oktober 2021) -- Selamat Hari Pangan Sedunia (16 Oktober 2021) --

WORKSHOP JURNALISTIK PENULISAN BERITA

Tanggal : 10/08/2021, 15:34:15, dibaca 60 kali.

Jakarta, - Kementerian Pertanian (Kementan) dibawah Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL), terus berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM pertanian, khususnya bagi pegawai yang ada di bawah Kementan sendiri, seperti yang dilakukan oleh BPPSDMP Kementan.

BPPSDMP atau disebut juga Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), kali ini meningkatan kualitas dan kapasitas SDM berupa Workshop Jurnalistik Penulisan Berita.

Workshop ini di gelar di Gedung Catur Ghatra Kementan, Jakarta secara hybrid baik offline dan online yang dibuka oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, Kamis, (07/10/2021).

Dedi Nursyamsi sendiri mengatakan peningkatan kualitas pelatihan harus turut ditingkatkan, “BPPSDMP banyak melakukan pelatihan, pendidikan dan penyuluhan. Selain meningkatkan kualitas SDM pertanian, kita juga tingkatkan kualitas kegiatan sehingga acara yang digelar lebih menarik, atraktif, dan interaktif,” katanya.

Dedi menambahkan, workshop ini diharapkan mampu memberikan pemahaman merata tentang teknik jurnalistik bagi penulis berita baik di pusat maupun di UPT, sehingga diseminasi tentang pertanian semakin bagus dan massif.

Workshop yang diikuti oleh pembuat berita lingkup BPPSDMP, baik di pusat maupun di Unit Pelaksana Teknis (UPT) ini mengundang pemateri Syatrya Utama dari Publisher dan Journalist Agrikan.id.

Di workshop ini Syatrya memberikan materi diantaranya berupa Teknik Penulisan Berita di Media Online (Daring), dan Praktek Penulisan Rilis Berita. Selain itu Syatrya memaparkan terdapat 3 kelompok berita, diantaranya: Berita Lempang, Berita Feature, dan Reportase.

Pada penjelasannya, dalam penulisan berita media online Syatrya harus melihat target dari pembaca, berita harus dibuat semenarik mungkin, melihat kerangka penulisan, komposisi atau unsur berita, susunan paragraph, dan pola pertalian antar paragraf.

Selain memaparkan hal di atas, Syatrya memaparkan penulis dapat menggunakan Google Trends dalam pembuatan judul berita, sehingga dalam pencarian di Google Related Search, berita dapat muncul di halaman pertama dan menarik bagi pembacanya.

Lanjut Syatrya menjelaskan untuk panjang kalimat di media online harus 10 - 20 kata/kalimat, Tebal paragraf, 10 – 40 kata, foto format jpg, dan ukuran 600 x 400 pixels (perbandingan 3:2) atau 600 x 360 pixels (perbandingan 5:2).

Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas