Tanggal : 08-06-2016 07:09, dibaca 20833 kali.

Oleh :Willy Darmawan, S.IP

PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI REMAJA


Kemajuan teknologi dewasa ini semakin pesat dan sangatlah cepat, dimana saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di dunia. Segala hal tentang data, informasi, berita, video, foto dll, yang terjadi di berbagai belahan dunia dapat segera kita lihat secara cepat dan real time (saat itu juga).

Maka saat ini informasi dan data di belahan dunia yang lain sudah terasa semakin gampang didapat dan tidak terdapat jarak karena cepatnya akses informasi dan data yang membuat dunia ini seolah kita menggenggam dunia dalam tangan kita, seperti sebuah slogan iklan yaitu "Dunia Dalam Genggamanmu".

Tentu saja kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia.

Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.

Saat ini sudah banyak jutaan remaja masuk kedalam era digital melalui kehidupan dunia maya di Internet. Industri web komunitas-entertainment pun berkembang dengan sedemikian pesatnya, seperti whatapps, Twitter, path, instagram, line, dan Facebook dll. Kebanyakan penggemar aplikasi sosial ini adalah remaja-remaja usia sekolah hingga mahasiswa dan bahkan orang dewasa sekalipun. Hal ini merupakan sebuah fakta baru bahwa ternyata remaja-remaja merupakan sasaran empuk yang banyak diincar oleh para pembuatnya.

Perkembangan games-games dewasa ini juga sangat pesat, dimana dahulu game hanya berupa gambar kotak-kotak hitam-putih dan harus memakai televisi sebagai perangkat audio visualnya,namun sekarang telah berubah. Perubahan tersebut bisa dilihat dalam kehidupan sekarang ini, remaja-remaja tinggal mendownload aplikasi game melalui Handphone mereka, dan dengan genggaman tangan pun sudah tinggal memainkannya.

Game tidak hanya melalui handphone saja namun juga merambah ke game online yang saat ini digemari oleh remaja-remaja dan remaja. Dan ada juga remaja-remaja yang menggemari games-games yang berbau kekerasan. Hal ini perlu diperhatikan, karena ini akan berdampak buruk bagi remaja-remaja dan dan sangat berbahaya sekali. Dalam game ini remaja-remaja dilibatkan dalam sebuah skenario di mana mereka harus membuat keputusan-keputusan strategis yang menyangkut etis dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Dampak Negatif

1. Remaja-remaja bisa ketergantungan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. Remaja-remaja akan cenderung mengerjakan tugas sendiri dengan bantuan internet dari pada belajar berkelompok yang disitu banyak sekali hikmah-hikmah yang terkandung dalam nilai kebersamaan.

3. Dapat terpengaruh kedalam pergaulan yang tidak baik karena kurang control dari teman ataupun dari orang tua.

4. Remaja-remaja bisa saja secara tidak sengaja mengakses situs-situs pornografi.

5. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).

6. Kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, remaja ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri remaja.

Namun tidak semua perkembangan teknologi memberikan efek buruk bagi penggunannya, terdapat juga teknologi yang memberikan informasi dan pembelajaran bagi penggunanya. Dalam dunia edukasi pun telah banyak dijumpai bagaimana situs maupun software edukasi dipergunakan sebagai sarana mendidik remaja-remaja. Bahkan untuk remaja 5 tahun pun sekarang telah tersedia  software dan game edukasi yang dirangkai dengan musik untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan dan kecerdasannya.

Lalu internet juga merupakan salah satu hal yang bias memengaruhi remaja. Dengan adanya internet remaja-remaja dapat dengan mudah mencari tahu mengenai segala hal yang ingin mereka ketahui. Namun hal yang perlu diperhatikan disini adalah dengan semakin mudah dan familiarnya remaja dengan Internet dan menemukan berbagai macam informasi di Internet, tidak boleh mengurangi pertumbuhan verbal dan sosial remaja dalam dunia nyata. Hal tersebut didasarkan oleh fakta hasil penelitian terhadap remaja-remaja di Amerika, yang ternyata dengan sangat cepat dapat menunjukkan letak Irak dengan Internet, namun menjadi kebingungan saat mencari letaknya dalam sebuah globe fisik bola dunia. Tentu saja fakta seperti ini merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dalam suatu pengembangan teknologi edukasi masa depan. Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki beberapa dampak terhadap remaja. Dari hal tersebut dapat kita golongkan menjadi 2 golongan, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Positif

1.  Remaja-remaja dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga remaja semakin suka.

2.  Membuat remaja semakin tertarik untuk belajar.

3.  Dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki remaja yang merasa mudah bosan untuk belajar.

4.  Dapat menambah wawasan.

5.  Memudahkan remaja-remaja untuk mendapatkan banyak ilmu tambahan lewat internet.

Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada remaja, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi remaja saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, saya kembali mengingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi remaja.

Solusi yang tepat untk menghadapi masalah masalah yang di jelaskan dalam masalah ini adalah peran orang tua. Karena disini peranan dari kedua orang tua sangatlah penting. Kedua orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengawasi remaja-remajanya dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga remaja-remaja dapat mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan disini juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya.

Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu remaja menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan remaja soal waktu bermain komputer.

Perkembangan teknologi informasi bukanlah suatu hal yang dapat kita hindari. Karena dengan adanya teknologi informasi hidup kita akan terasa lebih mudah. Kita bisa mengirim pesan dengan mudah, mengirim dan mencari informasi dengan cepat dan mudah.Namun dibalik semua kemudahan tersebut kta harus memerhatikan nilai, norma serta etika dan apa saja dampak baik dan buruk dari Teknologi Informasi. Karena supaya kita bisa mengetahui batasan-batasan apa saja yang yang boleh dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi informasi.

Maka kesimpulan yang kita petik dar kemajuan teknoligi informasi ialah kita perlu memerhatikan perkembangan Teknologi Informasi dengan tidak meninggalkan etika-etika tradisional terhadap remaja-remaja. Karena, jika kita tidak memilih, memilah konten yang disediakan dengan bijak maka kita akan terjerumus dalam dampak buruk sebuah teknologi, namun apabila kita bisa mengmanfaatkan dengan bijak maka kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar bagi kita. (WD)


Share This Post To :

Facebook | Twitter | Google