Tanggal : 01/25/2021, 07:53:27, dibaca 1793 kali.

BANTUAN BAGI KORBAN BANJIR KALSEL DARI KEMENTAN


Banjarbaru, - Kejadian Banjir Bandang yang menerjang Kalimantan Selatan awal tahun 2021 membuat Kementerian Pertanian RI menyalurkan dan memberikan bantuan logistik berupa sembako untuk penyintas banjir di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (23/01).


Bantuan ini disalurkan oleh 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Penyaluran bantuan bagi HSS kali ini disalurkan oleh UPT Kementan yaitu SMK-PP Negeri Banjarbaru yang ditemani oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Seremonial penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati HSS, yang disambut langsung oleh Bupati HSS, H. Achmad Fikry. Bupati HSS ini sangat bersyukur mendapat suatu kehormatan kedatangan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalsel, sekaligus menyerahkan bantuan dari Mentan RI.

"Bantuan ini sangat berarti karena di HSS terdampak tinggal empat kecamatan, sekarang Kecamatan Kalumpang yang airnya cukup merendam rumah biasanya setelah itu kemudian Daha Utara, Daha Barat, Daha Selatan airnya merendam di rumah cukup lama kadang-kadang satu hingga dua bulan," katanya

Lanjutnya, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian, Beliau juga menyambut gembira tawaran Kepala Dinas TPH memberikan bibit padi gratis, diharapkan segera diberikan bantuan bibit agar setelah airnya agak surut warga bisa mulai menyemai dan menamam lagi.

"Kami ingin mempertahankan Kabupaten HSS sebagai penyangga pangan, dengan ini bisa tetap menjaga cadangan beras, dan selama ini di HSS cadangan beras cukup jadi tidak terasa dampaknya, karena rata-rata masyarakat mempunyai cadangan beras di rumah," katanya, bertempat di lobby kantor bupati setempat.

Logistik dari Kementan ini diantaranya berupa: beras, gula, minyak goreng, masker, terpal, mie instan, susu anak, sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci pakaian, pampers anak, pampers dewasa, pembalut wanita, selimut, dan obat gatal.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan pihaknya sebagai UPT Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan dari Menteri Pertanian berupa sembako sebanyak satu truk  yang diterima langsung oleh Bupati HSS. Budi Santoso juga mengharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan sebagian daripada kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir.

"Ini bantuan tanggap darurat dari Kementan, kemudian untuk yang selanjutnya Pak Menteri juga memberikan bantuan kepada petani-petani yang terdampak lahannya oleh banjir, baik yang gagal tanam maupun yang masih dipersemaian," katanya. Pihak Kementerian Pertanian juga meminta bantuan laporan yang terdampak, dan kementerian akan membantu benih padi secara gratis.

Dikutip dari swadaya online, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan langkah cepat harus segera diambil. "Yang pasti kebutuhan masyarakat terdampak banjir harus segera disiapkan. Baik kebutuhan sandang berupa pakaian dan lainnya, serta tentunya kebutuhan akan pangan. Makanya kita segera merespons agar segera bisa diambil tindakan," katanya.

Bantuan Kementan RI untuk korban banjir di Kalimantan Selatan kali ini didistribusikan dengan menggunakan truk sebanyak 20 unit yang disebarkan ke 10 kabupaten/kota yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan. (TM/wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru