Tanggal : 02/24/2021, 08:15:07, dibaca 1594 kali.

BIMTEK PETANI & PENYULUH DI KAB. PULANG PISAU


Pulang Pisau, -  Komisi IV DPR bekerja sama dengan SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan kembali menggelar Bimbingan Teknis bagi Petani dan Penyuluh.


Kali ini Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi Petani dan Penyuluh Pertanian diikuti peserta dari Penyuluh, Petani, Gapoktan, dan petani milenial yang ada di Desa Belati Siam, Kec. Pandih Batu, Kab. Pulang Pisau, yang berjumlah 40 orang peserta. Kali ini acara di gelar di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, tepatnya di Posko Terpadu Food Estate di di Desa Belati Siam, Kec. Pandih Batu, Senin (22/2/2021).

Pemateti Bimtek dalam bimtek ini berasal dari tim dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan serta dari BPTP Kalimantan Tengah. Selain itu juga diberikan arahan dari Bambang Purwanto dari Komisi IV DPR-RI Dapil Kalteng, dan juga dari Dinas Pertanian Pulang Pisau.

Bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan dan Kapasitas petani dalam berusahatani sehingga kesejahteraanya dapat meningkat dan juga meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh pertanian dalam transfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara profesional, mandiri, mampu bersaing dan berwawasan global.

Terkait bimtek ini, salah satu petani peserta dari bimtek, Noor sangat merespon dengan adanya kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, karena harapan anggota dewan juga dapat meningkatkan kemampuan dan teknologi atau inovasi baru yang diberikan oleh para narasumber lainnya.

Pelaksanaan Bimtek ini sebagai upaya mendukung peran program Komando Strategi Pembagunan Pertanian (Kostratani) dalam upaya mendukung pembangunan pertanian di Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan PPSDMP memperkuat peran Kostratani sebagai Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian Nasional.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi melalui kegiatan bimbingan teknis ini berharap akan ada peningkatan kualitas sumberdaya petani dan penyuluh yang selanjutnya berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian.

Seperti kita ketahui bersama bahwa isu pembangunan dan pengembangan SDM pertanian menjadi perhatian khusus Kementan. Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo  kerap menegaskan, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional diperlukan SDM yang berkualitas, terutama kualitas petani dan penyuluh sebagai garda terdepan. (wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru