Tanggal : 09/01/2021, 17:51:36, dibaca 1804 kali.

PPIU KALSEL KUNJUNGI JAWA BARAT


Bogor, - SMK-PP N Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) terus berupaya meningkatkan kapasitas dalam pelaksanaan Program Yess di Kalsel.

YESS adalah program Kementan, bekerjasama dengan IFAD, yang bertujuan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian.  Ada 4 provinsi yang menjadi lokasi dari program YESS, yakni Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu), Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air. Karenanya Mentan menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian.

"Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang juga penanggung jawab YESS, menyatakan program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

“Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tutur Dedi.

Salah satu upaya mendukung dan koordinasi dalam pelaksanaan Program Yess di Kalimantan Selatan, PPIU Kalsel melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa tempat yang juga menjadi wilayah pelaksanaan Program Yess diantaranya di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Kali ini tim PPIU Kalsel sebanyak 5 orang melakukan kunjungan ke Bogor, Jawa Barat, terhitung sejak Rabu, (25/8/2021). Terdapat 3 tempat yang kali ini dikunjungi, diantaranya Polbangtan Bogor (Selaku PPIU Jawa Barat), ke LSP Agribisnis Ambissi Bogor, dan LSP Peternakan Indonesia.

Salah satu tim PPIU Kalsel, M. Ali Usman, menjelaskan, “Kegiatan ini dalam rangka sharing program yang akan/telah dilaksanakan masing-masing PPIU Kalsel dan PPIU Jawa Barat, dan sharing informasi persyaratan untuk Sertifikasi Peserta Program Permagangan YESS”, Ujar LO Tanah Bumbu ini.

Seperti dijelaskan di atas kegiatan ke Polbangtan Bogor kali ini berupa koordinasi terutama tentang pelaksanaan pemagangan, PWMP, hibah kompetitif, pemberdayaan mobilizer, pelaksanaan Job Fair dan Diseminasi program Yess.

Untuk di LSP Agribisnis Ambissi Bogor, tim PPIU Kalsel melakukan koordinasi terkait pelaksanaan sertifikasi peserta program permagangan YESS bidang Agibisnis. Sedangkan di LSP Peternakan Indonesia, terkait pelaksanaan sertifikasi peserta program permagangan YESS bidang Peternakan.

Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru