-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00) -- PPDB 2024: Jalur Undangan dibuka 1 Maret 2024 - Jalur Penelusuran Minat dan Potensi Akademik (PMPA) dan Jalur Umum dibuka 2 Mei 2024 -

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
Program Yess
Pelayanan Publik
PPID SMKPPN Banjarbaru
Layanan & Perizinan
Dokumentasi & Informasi HukumPerpustakaan KementanPengaduan Bagi MasyarakatLayanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanPerizinan KementanSimpellPenelusuran‚Ä© Alumni
Agenda
29 February 2024
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

AGROEDUWISATA PETIK BUAH, SARANA PROMOSI SEKOLAH

Tanggal : 30-11-2022 13:50, dibaca 1252 kali.

Banjarbaru – SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya memberikan informasi dan pembelajaran tentang dunia pertanian baik kepada siswanya ataupun masyarakat disekitarnya. Hal ini ditandai dengan dibukanya wisata petik buah atau disebut juga Agroeduwisata, yang terbuka bagi masyarakat umum.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aktivitas masyarakat luar yang datang dari berbagi tempat, baik yang berasal dari masyarakat umum, sekolah, ataupun instansi pemerintah ataupun swasta, yang terlihat sejak bulan Juli 2022 sampai hari ini.

Diantara yang berkunjung adalah dari pihak Taman Kanak-Kanak (TK), dan dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) lingkup Kota Banjarbaru, bahkan dari masyarakat umum. Hal ini terlihat setiap minggu pastinya ada 1 atau 2 yang berkunjung ke lahan praktek SMK-PP N Banjarbaru di Haji Idak ataupun di Guntung Lua.

Dalam sehari, rata-rata wisata ini dikunjungi oleh 30 hingga 40 orang yang biasanya datang berkelompok. Sedangkan dari kunjungan sekolah biasanya memberikan surat pemberitahuan sebelumnya untuk persiapan petugas lahan yang akan menemani.

Mereka berkunjung ke lahan SMK-PP N Banjarbaru bahkan bisa memetik sendiri dari pohonnya langsung, bahkan pengunjung bisa membeli hasil petikannya yang nantinya akan ditimbang oleh petugas jaga yang ada di lahan praktek, dan sesuai dihargai sesuai harga pasaran yang ada.

Adapun jenis-jenis buah dengan beberapa varietas, diantaranya rambutan (Antalagi, Jaenal, Rapiah, Garuda, Binjai, Kelengkeng, Si Batuk), jeruk (Siam Banjar, Lemon) dan durian (Montong, Simas, Kani, Si Hijau).

Terkait banyaknya kunjungan dari pihak sekolah lain ini biasanya dalam rangka Program atau Mata Pelajaran untuk memperkenalkan dunia pertanian sejak dini. Mereka sangat antusias, terlebih anak-anak yang sangat bersemangat memetik rambutan mengingat tinggi pohon yang dapat dijangkau oleh anak-anak yang masih berusia 4 tahunan.

Namun Karena antusiasme ini, terkadang wisata petik buah harus di tutup karena pasokan buah yang tersedia belum siap untuk di panen. Namun untuk pengenalan tentang dunia pertanian, SMK-PP N Banjarbaru siap untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pengunjung dari sekolah lain.

Seperti kita lihat diatas kegiatan pengenalan tentang dunia pertanian oleh sekolah TK, SD, dan SMP ini tidak lain adalah salah satu Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengenalkan dunia pertanian sejak dini. ‘

Bahkan, Agroeduwisata petik buah ini sejalan dengan program dari Kementerian Pertanian dalam mencetak calon generasi muda bidang pertanian. Sebab hal ini sebagai salah satu pengenalan dan memancing mereka tertarik di dunia pertanian.

Seperti diketahui, Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Namun, Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat. Sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian dan peternakan.

Selain itu, hal ini sebagai salah satu ajang promosi bagi SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk memperkenalkan dunia pertanian sejak dini kepada anak-anak. Sehingga nantinya mereka bisa mengenal terjun di sector pertanian dan bahkan akan bersekolah di SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Menurut KBBI, kata Promosi berarti dapat berarti naik pangkat, hal memdapatkan gelar doktor, pemberian gelar doktor dengan upacara khusus, atau perkenalan (dalam rangka memajukan usaha atau dagang dan sebagainya). Sedangkan menurut wikipedia, kata Promosi mempunyai arti upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Maka, dengan kunjungan dari berbagai sekolah dan masyarakat umum bisa menarik minat mereka untuk mau bersekolah di dunia pertanian bagi anak-anak, dan mau terjun di sector pertanian bagi masyarakat umum. Dimana hal ini sebagai salah satu dari Program Kementerian Pertanian dalam mencentak generasi muda bidang pertanian. Untuk kunjungan silakan datang ke lahan praktek kami di Jl. Bukit Raya Barat, Kota Banjarbaru.



Pengirim : Willy Darmawan, S. IP
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas