-- Selamat Datang di Website Resmi SMK-PP Negeri Banjarbaru -- Jam Pelayanan Senin sd Kamis jam 08.00 sd 15.30 Wita (Istirahat: 12.30 sd 13.30), Jumat 08.00 sd 16.30 wita (Istirahat: 11.30 sd 14.00)

Pencarian
Waktu saat ini
Pelayanan
Program Yess
Pelayanan Publik
PPID SMKPPN Banjarbaru
Layanan & Perizinan
Dokumentasi & Informasi HukumPerpustakaan KementanPengaduan Bagi MasyarakatLayanan Aspirasi & PengaduaanE-Publikasi KementanPerizinan KementanSimpellPenelusuran‚Ä© Alumni
Agenda
04 December 2023
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

PENDERASAN PELATIHAN SEJUTA PETANI DAN PENYULUH OLEH KEMENTAN

Tanggal : 02-11-2023 14:58, dibaca 117 kali.

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggelar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh (PSPP) yang ditujukan untuk terus meningkatkan kapasitas Petani di seluruh Indonesia, sebagai Upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas sektor pertanian.

Selain itu Kementan telah mengambil langkah besar untuk mendorong pertumbuhan pertanian dengan inisiatif "Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh,". Hal ini terlihat semakin meningkatnya keterampilan petani dan penyuluh secara teknis hingga membuka dan memperluas akses KUR untuk menggerakkan Agribisnis.

Dalam Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh, Kementan akan membekali petani dan penyuluh dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengelola pertanian dengan cemerlang

Program ini bertujuan menciptakan korps pertanian yang terampil, siap untuk mengangkat sektor pertanian menuju masa depan yang lebih modern dan berdikari.

Hasilnya? Pertanian Indonesia semakin produktif, efisien, dan bersaing di tingkat global, membawa dampak positif signifikan pada perekonomian negeri ini.

Sejak tahun 2020, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) telah menyelenggarakan beragam Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Pertanian dengan berbagai tema yang menarik.

Lebih lanjut kegiatan ini dilakukan secara luring (langsung) dan daring (tidak langsung) berbasis zoom, yang pada pelaksanaannya dilaksankan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu oleh Balai Pelatihan dibawah Pusat Pelatihan Pertanian dari Badan PPSDMP, Kementan.

Sebab, Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Volume ke-9 di tahun 2023 ini. Maka pelatihan in tentunya memerlukan kolaborasi dan peran dari pihak lainnya.

Penderasan tentang informasi sebelum pelaksanaan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh (PSPP) ini dilakukan melalui beberapa chanel, seperti media sosial, whatapps grup, koran cetak dan online, website serta beberapa media lainnya.

Hal ini merupakan cara dari Badan PPSDMP, Kementan untuk terus menjangkau para petani-petani di seluruh Indonesia untuk dapat menambah ilmu dan kapasitas kemampuannya baik secara langsung atau melalui zoom.

Penderasaan ini tentunya memerlukan speak terjang penyuluh dan tentunya seorang pengelola humas, ataupun pihak yang berperan lainnya untuk dapat menyampaikan dan meneruskan informasi pelaksanaan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh (PSPP) kepada seluruh petani di Indonesia.

Bahkan, Humas pemerintah harus mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media tradisional, media konvensional, dan media baru. Komunikasi yang menggunakan media baru atau teknologi internet dapat menjangkau langsung dan cepat kepada semua pihak melalui berbagai media.

Sedangkan penyuluh pertanian adalah garda terdepan dalam penyampai informasi bagi petani-petani di daerah. Penyuluhan pertanian memberikan pembelajaran kepada para petani agar mereka mengetahui informasi terbaru dalam dunia pertanian. Peran penyuluh pertanian dalam hal ini juga menggiring masyarakat petani dalam upaya pengambangan peran kelompok tani supaya lebih berkembang lagi.

Maka pada akhirnya dengan penderasaan-penderasan yang dilakukan oleh berbagai pihak, terlebih penyuluh dan humas, hal ini tentunya diharapakan semakin banyak petani, petani milenial, penyuluh yang mengikuti kegiatan ini. Sehingga akhirnya semakin bertambah kapasitas dan kemampuan para petani dan penyuluh di Indonesia.

Selain itu juga Misi utama pertanian adalah meningkatkan kesejahteraan petani dengan meningkatkan produktivitas dan hasil produksi mereka.



Pengirim : Willy Darmawan
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas