- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 / 1442H -- Selamat Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 – 2021) -- Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni 2021) -- -

PANEN SELADA BERSAMA DI PROGRAM PERTANIAN MASUK SEKOLAH

Tanggal : 02/25/2020, 00:05:10, dibaca 600 kali.

Banjarbaru, - Kementerian Pertanian Melalui Menteri Syarul Yasin Limpo (SYL) memilki berbagai program, salah satunya adalah Pertanian Masuk Sekolah (PMS).  Mentan mengatakan, program pertanian masuk sekolah dimaksudkan agar mampu mendorong anak-anak bangsa mengembangkan pertanian demi kesejahteraan negara.


PMS adalah kegiatan budidaya pertanian yang dilaksanakan oleh siswa dan guru di lingkungan sekolah di bawah tanggung jawab Dinas Ketahanan Pangan Provinsi bersumber dari dana APBN (Pusat) Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian.


Salah satu yang terplih menjadi peserta PMS adalah SMK-PP Negeri Banjarbaru, yang mendapatkan amanah dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan untuk melaksanakan program tersebut yang telah dilaksanakan sejak TA. 2019.


SMK-PP N Banjarbaru telah menjalankan program ini sejak 2019, sehingga pelaksanaan kegiatan PMS ini telah berjalan beberapa bulan, yang hal tersebut ditandai dengan panen komoditas selada dari hasil metode hidroponik pada jumat, (21/2).


Panen yang dilaksanakan di lahan praktek SMK-PP N BAnjarbaru di H. IDak ini diikuti oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kasubag TU SMK-PP N Banjarbaru, Wakasek Kurikulum, Ketua Kompetensi Keahlian ATPH, Pengelola KEbun dan tentunya siswa dari kelas XII ATPH.


Dijelaskan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, “Kegiatan panen ini terus berjalan dari 2019, yang tujuannya untuk membina murid supaya bisa berbudidaya tanaman yang sehat dikonsumsi oleh masyarakat”, Jelas Suparno.


“SMK-PP N Banjarbaru  ini merupakan pioneer dan nantinya menjadi contoh bagi SMA, SMK di Banjarbaru agar supaya seperti ini semua, yang nantinya memberikan rangsangan kepada siswa berusaha di dunia pertanian”, Ujar Kadis.


Melanjutkan diatas, “Dengan kegiatan ini Mudah-mudahan nantinya setelah lulus untuk kegiatan semacam bisnis, sehingga mereka bisa menciptakan lapangan kerja”, Ungkapnya.


Salah satu siswa yang menjadi peserta PMS ini, Ani Indriani dari kelas XII ATPH, menyampaikan, “Kami sebagai siswa pertanian dengan ada program ini menambah semangat kami menuntut ilmu, sehingga lebih menambah wawasan lagi seperti ini kan budidaya tentang hidroponik, jadi kami bisa mempelajari dari pembibitan hingga panen:, Ungkapnya.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas