- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 / 1442H -- Selamat Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 – 2021) -- Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni 2021) -- -

SEKOLAH KEMBALI GELAR OPEN DAY KE-2

Tanggal : 05/25/2021, 14:19:47, dibaca 73 kali.

Banjarbaru - SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar Open Day dalam rangka pameran pertanian bertajuk Open Day yang dilaksanakan selama 1 hari, Selasa (25/5/2021).


Kegiatan yang merupakan Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian.


Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, SMK-PP Negeri Banjarbaru Kembali melaksanakan pameran pertanian bertajuk Open Day untuk tahap 2 di lahan praktek SMK-PP N Banjarbaru.


Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, “Hari ini Program Yess melalui PPIU Kalsel mengadakan Open Day atau pameran pertanian, yang dilaksanakan di lahan praktek SMK-PP N Banjarbaru”, Jelasnya.


“Kegiatan ini diharapkan dapat menarik masyarakat sekitar untuk berminat di bidang pertanian, dan mudah-mudahan open day berjalan lancar dan pameran ini tentu menerapkan protocol Kesehatan”, Jelas Budi.


Pelaksanaan Open Day di Lahan Praktek H. Idak ini menampilkan berbagai hasil pertanian, teknologi, budidaya baik hasil dari kelompok PWMP, KWT, BPP Kostratani serta Desa Mitra SMK-PP N Banjarbaru.


Selain itu kegiatan Open Day ini juga akan dilaksankan di kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu sebagai tempat Program Yess dengan bekerjasama dengan SMK Pertanian di daerah masing-masing.


Produk-produk yg di pamerkan diantaranya sayur segar hidroponik, selada, pakcoy, paket sayur siap olah lemon, sayur segar, beras kemasan, frozen food, aneka sambal, aneka kripik, aneka herbal instan, jamu segar, minuman sehat susu jelly dan sari buah, black garlic dan masih banyak lagi.(


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian. 


"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.


"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru


 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas