- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 15.00) -- SELAMAT HUT REPUBLIK INDONESIA KE-76 (17 Agustus 1945 -2021) -- Selamat Hari Aksara Internasional (8 September 2021) -- Selamat Hari Olahraga Nasional (9 September 2021) --

PERKENALKAN PROGRAM YESS UNTUK PETANI MILENIAL TALA

Tanggal : 09/14/2021, 14:02:49, dibaca 40 kali.

Tanah Laut - Menyikapi jumlah generasi muda yang menggeluti sektor pertanian terus meningkat, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di beberapa kesempatan, mengatakan bahwa Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian. 


"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.


"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," katanya.


Program YESS dijalankan pada empat provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Sudah berjalan sejak tahun 2019, ditargetkan sampai tahun 2025.


Pemerintah Provinsi Kalsel dan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel yaitu SMK PP N Banjarbaru saling bersinergi dalam menyukseskan program YESS di Kalimantan Selatan pada 3 kabupaten yaitu : Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. 


Seperti sebelumnya PPIU Kalsel telah mengadakan sosialiasai di 2 stasiun radio diantaranya di Tanah Bumbu dan Banjarmasin. Maka kali ini PPIU Kalsel melanjutkan dengan sosialisasi melalui radio di Kabuapaten Tanah Laut.


Kali ini, yang dipilih adalah stasiun radio di Kabupaten Tanah Laut, yakni Radio Tuntung Pandang 102,3 FM. Acaranya dikemas dalam talkshow bertema "Petani Milenial, Yess" pada Rabu, 1 September 2021, pukul 09.00 s.d 10.00 Wita.


Pada talkshow ini, PPIU Kalsel diwakili oleh Liason Officer (LO), Uma Fathul Jannah, serta didamping oleh Suteng Pramono selaku Penyuluh Pertanian Madya di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan.


Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait adanya Program Yess dari Kementerian Pertanian. Dimana Program ini ditujukan salah satunya bagi pemuda-pemuda yang ada di Tanah Laut untuk terjun atau bekecimpung dan berwirausaha dalam bidang pertanian


Selain itu pada kesempatan itu tim PPIU Kalsel menyampaikan apabila pemuda-pemuda ingin bergabung ataupun mencari informasi Program Yess bisa mengontak BPP setempat dan Dinas Pertanian yang ada di Tanah Laut, ataupun bisa datang ke kampus SMK-PP N Banjarbaru.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas