- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- SMK-PP N Banjarbaru Tetap Buka Pelayanan Terbatas, Senin Sd Jumat (08.00 SD 15.00) -- SELAMAT HUT SMK-PP N BANJARBARU KE-66 TAHUN (1 November 1955 - 2021) -- Selamat Hari Korupsi Sedunia (9 Desember 2021) -- Selamat Hari Hak Asasi Manusia (10 Desember 2021) -- Selamat Hari Nusantara (13 Desember 2021) -- Selamat Hari Ibu Nasional (22 Desember 2021) -- Selamat Hari Natal (25 Desember 2021) --

GELAR DMFS PROGRAM YESS DI TANBU, UPAYA CETAK PETANI MILENIAL

Tanggal : 11/08/2021, 14:30:14, dibaca 149 kali.

Banjarbaru, - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air. Karenanya Mentan menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian.


"Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian,” tuturnya.


Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang juga penanggung jawab YESS, menyatakan program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.


“Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tutur Dedi.


SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan, Kembali mengadakan District Multi Stakeholder Forum (DMSF) di Bertempat di aula kantor Bupati Tanah Bumbu, Kab. Tanah Bumbu, Kamis (4/11/2021). Kegiatan DMSF ini merupakan bagian dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).  


Angga Tri Aditya Permana, selaku Project Manager Yess Kalimantan Selatan menjelaskan, “Tujuan kegiatan ini utamanya adalah menyampaikan kepada daerah capaian yang telah dilakukan oleh program Yess di Kab Tanah Bumbu” Ujarnya.


Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Tanah Bumbu ini dihadiri oleh segenap SKPD dan Stakeholder, seperti seperti dinas pertanian, dinas tanaman pangan, dinas sosial, dinas tenaga kerja, dinas pendidikan dan kebudayaan, dinas perdagangan dan industri, dinas pemuda dan olahraga,  BLK, Kadin, APINDO, Bank Kalsel, P4S, dan beberapa perusahaan yang bergerak di pertanian/perkebunan.


Turut hadir pula para perangkat program YESS seperti mobilizer, fasilitator, DIT, penerima hibah dan penerima manfaat program YESS. Menurut kepala Bappeda, Andi Anwar Sadat, kegiatan Yess ini sesuai dengan misi Kab Tanah Bumbu, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian.  


“Tanah Bumbu memiiki 9 arah kebijakan pertanian.  Dengan perencanaan dan strategi yang baik, Program Yess ini diharapkan memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pertanian di daerah kami.” Ucap Beliau.


Ditemui secara terpisah, Bupati Tanah Bumbu, DR.H.Zairullah Azhar mengatakan sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Kementerian Pertanian dengan adanya program Yess ini. Selanjutnya, beliau menyampaikan program ini diharapkan dapat menjadi solusi beberapa persoalan dalam dunia pertanian di Kab Tanah Bumbu.


“Pertanian kita didominasi oleh orang tua.  Maka dengan adanya beberapa pelatihan yang telah dilakukan, diharapkan para anak muda yang sudah dilatih ini menjadi inovator untuk memberikan dorongan semangat kepada generasi muda lain untuk terjun ke dunia pertanian”, ucap beliau. 


Kegiatan DMSF di Kabupaten Tanah Bumbu kali ini juga melahirkan komitmen bersama antar SKPD, Stakeholder dan lembaga lain yang bergerak di bidang pertanian. 


Komitmen tersebut berupa dukungan dan peluang kepada peserta permagangan atau pelatihan yang telah dilakukan, baik pada kesempatan berkarir atau peningkatan kualitas produk yang akan dihasilkan.


Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru


 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas