Tanggal : 02-03-2015 09:31, dibaca 5205 kali.

Oleh :Willy Darmawan, S.IP

LAPORAN HASIL PENGOLAHAN DATA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)


    Banjarbaru, (18/02/2015) Memenuhi Penerapan Peraturan Menteri Pertanian Terkait Pelayanan Pelayanan Publik, salah satunya tentang Penyusunan dan menyampaikan Laporan hasil Pengolahan Data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mengacu pada Permentan nomor: 78/Permentan/OT.140/08/2013, maka SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian diwajibkan untuk membuat laporan tersebut.

   Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran  secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

    Maka oleh sebab itu perlu adanya membuat penelitian atau survey tentang kepuasan masayarakat terhadap pelayanan yang ada di SMK-PP N Banjarbaru di tahun 2014. Survey yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan masyarakat yang datang dan berurusan dengan SMK-PP N Banjarbaru.

   Survey ini dilaksanakan setiap semester dan dilakukan pada tiap akhir semesternya. Pengukuran dan survey ini dilakukan oleh bagian umum SMK-PP N Banjarbaru, serta tentunya dibawah koordinasi Tim manajemen SMK-PP N Banjarbaru.

   Setelah melakukan survey, pengukuran dan pengolahan hasil, maka untuk hasil Pengolahan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk tahun 2014 adalah:

-          Semester I Tahun 2014            : 95,91 (A = Sangat Baik)

-          Semester II Tahun 2014           : 90,55 (A = Sangat Baik)

   Sedangkan untuk hasil tabulasi dari 14 Unsur Pelayanan tersebut diperoleh Nilai Rata-rata Tertimbang per unsur untuk tahun 2014 adalah :

-          Semester I Tahun 2014            : 3,84

-          Semester II Tahun 2014           : 3,62

   Setelah melihat hasil Analisa Data diatas, semoga SMK-PP Negeri Banjarbaru dapat meningkatkan lagi mutu pelayanannya serta dapat memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggan (siswa) dan tentunya masyarakat. (WD)

 

Sumber: Ir. Hj. Ida Karliani Noor (Kepala Bagian Umum SMK-PP N Banjarbaru)


Share This Post To :

Facebook | Twitter | Google